Friday 31 May 2013

Cara merubah teks menjadi suara

Ada beberapa cara untuk merubah teks sehingga bisa menjadi suara, diantaranya :
1. Dengan menggunakan notepad
2. Dengan menggunakan program

Langkah-langkah sederhana membuat teks menjadi suara dengan notepad, yaitu :
1. Pertama kali buka atau jalankan program Notepad pada komputer anda dan biasanya berada pada All programs - accessories seperti pada gambar (gambar hanya imajinasi, karena kadang kala gambar berbeda)
 
2. Silahkan masukan sintax code di bawah ini ke dalam notepad yang telah anda buka

Dim message, sapi
message=InputBox("Silahkan Masukan kata atau kalimat", "TEKS KE SUARA")
Set sapi=CreateObject("sapi.spvoice")
sapi.Speak message


 3. Setelah selesai, langsung di Save As di lokasi yang diinginkan dengan jenis .vbs (nama file tinggal pake akhiran .vbs) seperti pada contoh BICARA.vbs

4. Buka file yang telah disave lalu masukan kata atau kalimat-kalimat yang diinginkan pada kolom yang telah tersedia lalu OK, dan dengarkan..
catatan : 
Pada kalimat "Silahkan Masukan kata atau kalimat", "TEKS KE SUARA" anda bisa menggantinya menurut keinginan anda sendiri, namun untuk belajar sebaiknya ikuti saja langkah-langkah di atas. bila sudah faham, kalian bisa langsung menggantinya.
Apabila sintax code di atas langsung dicopy ke notepad sebaiknya tanda kutip (") ditik manual.




Langkah-langkah sederhana membuat teks menjadi suara dengan software, 
Sebenarnya software-software untuk mengganti tulisan menjadi teks sangatlah banyak, namun untuk sementara anda bisa mencoba mencari software BALABOLKA tinggal mencari google.

Banyak kelebihan dari software ini, dan yang pasti gratis bahkan software ini bisa langsung membaca atau merubah teks menjadi suara walaupun satu alinea atau dari satu halaman buku, tentunya harus berbentuk teks yang telah ditik. Dan hasil suara ini bisa di save dalam bentuk MP3 dan lain-lain.

Makin penasaran dengan software ini?? silahkan langsung di cari di google, mumpung masih gratis.



Seperti itulah tampilan apabila sudah diinstall dan siap dijalankan.
Anda tinggal langsung copy teks ke dalam kolom yang telah disediakan atau berupa file. Sayangnya suara di sini asli bahasa inggris, jadi bila tulisan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah pastinya agak seperti bule yang blepotan... :). Tapi baguslah buat orang Indonesia yang ingin belajar untuk melafalkan kata-kata dalam bahasa Inggris.

Ingat ini hanyalah sedikit dari software yang bisa merubah teks menjadi suara. Masih banyak kok yang lain, namun bisa jadi software tersebut bagus bahkan sebaliknya. Tinggal anda pintar-pintar memilihnya.

Semoga bermanfaat!




5 comments:

  1. Replies
    1. jalan kok, coba deh diikuti mulai dari yang pertama... dan pastikan sound berjalan, bila perlu volume suaranya diperbesar...

      Delete
    2. jalan gan trims.kalau mau save suaranya gimana

      Delete
    3. bisa gan trims,kalau mau save suaranya gimana gan

      Delete
    4. mas mulyadi mul, bila ingin menyimpan hasil dari suara yang telah kita buat, sebaiknya anda menggunakan software balabolka. karena software ini memberikan fasilitas untuk menyimpan berupa mp3.

      Delete